Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

28 November 2008

KHASIAT TEMPE


TEMPE, mendengar namanya saja sudah tidak asing lagi bagi kita. Tempe merupakan makanan khas bagi kebanyakan masyarakat Indonesia.
Saat ini banyak sekali cara masyarakat dalam hal menyajikan sepotong tempe, digoreng, dibacem, dikeripik tempe, gorengan tempe, tempe siksa (bahasa Sundana mah OREG!!), sambal goreng tempe, dan banyak lagi cara penyajiannya. Yang penting enak, nikmat, renyah, gurih, pokona mah maknyeessss!!!

Tempe merupakan makanan hasil fermentasi kedelai dan jamur Rhizopus Oligosporus sp.
Kandungan utama yang ada dalam tempe adalah protein nabati yang sangat baik bagi kesehatan.

Sumbangan terbesar tempe buat perempuan, salah satunya adalah: kemampuannya membuat tubuh tetap langsing serta mendukung program penurunan berat badan. Kandungannya hanya 157 kalori per 100gr. Tapi kadar lemak tempe cukup tinggi yaitu tiap 100 gr. mengandung 8.8 gr lemak (tempe segar) dan 19,7 (tempe kering).

Namun, tempe mengeluarkan enzim Lipase, yang akan memecah lemak itu menjadi lemak yang dibutuhkan tubuh, seperti asam lemak linoleat dan oleat.

Tempe juga berpotensi meningkatkan mutu makanan perempuan. Setiap 100 gr tempe segar menyumbang 10.9 gr protein, lebih dari 25% kebutuhan protein per hari yang dianjurkan bagi orang dewasa.

Susunan asam amino tempe ini mempunyai kadar lisin yang tinggi tetapi metionin-sistinnya rendah. Struktur ini berlawanan dengan yang dimiliki beras. Teorinya, asam amino protein nabati bakal menjadi protein lengkap bila dicampur dengan sesamanya, misalnya nasi dicampur tahu, atau nasi dicampur perkedel jagung. Itu sebabnya makan tempe campur nasi sangat dianjurkan.

Berikut sepuluh manfaat / khasiat dari tempe :
  1. Protein nabati yang terdapat dalam tempe sangat tinggi, mudah dicerna sehingga baik untukmengatasi diare.
  2. Mengandung zat besi, flafoid yang bersifat antioksidan sehingga menurunkan tekanan darah.
  3. Mengandung superoksida desmutase yang dapat mengendalikan radikal bebas, hal ini baik sekalibagi para penderita sakit jantung.
  4. Penanggulangan anemia. Anemia ditandai dengan rendahnya kadar hemoglobin karena kurangtersedianya Zat Besi (Fe), Tembaga (Cu), Seng (Zn), Protein, Asam Folat dan Vitamin B12, dimana unsure-unsur tersebut banyak terkandung didalam tempe.
  5. Anti infeksi. Hasil survey telah menunjukan bahwa tempe mengandung senyawa anti bakteridiproduksi oleh karang tempe (Rhizopus Oligosporus) merupakan antibiotika yang bermanfaat meminimalkan kejadian infeksi.
  6. Daya hipokolesterol. Kandungan asam lemak jenuh ganda pada tempe bersifat dapatmenurunkan kadar kolesterol.
  7. Memiliki sifat antioksidan, dapat menolak penyakit kanker.
  8. Mencegah masalah gizi ganda (akibat kekurangan dan kelebihan gizi) beserta berbagai penyakitmenyertainya, baik infeksi maupun degeneratif.
  9. Mencegah timbulnya hipertensi.
  10. Kandungan Kalsiumnya yang tinggi, tempe dapat mencegah Osteoporosis.
Makanya, janganlah menyepelekan dan menganggap makanan kampungan tempe itu, karena didalam sepotong tempe banyak terkandung berbagai macam manfaat / khasiat bagi kesehatan tubuh manusia. Dan yang paling utama itung-itung ngirit pengeluaran makan.
(Hehe…..ieu mah saur abdi)

(dari berbagai sumber)


Tidak ada komentar: